Beranda » Artikel » Wisata Paralayang Sumedang di Bukit Toga

Bagi Anda para pecinta olahraga dirgantara, seperti paralayang. Sumedang memiliki 2 tempat menarik yang dapat Anda gunakan untuk menikmati olahraga yang tergolong ekstrem tersebut, yaitu kawasan Batu Dua dan kawasan bukit Toga.

Bukit Toga

Bukit toga sendiri lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Sumedang. Disebut dengan bukit Toga, karena berada di kawasan perbukitan di perkampungan Toga. Atau lebih tepatnya berada di jl. Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, desa Sukajaya, kec Sumedang Selatan.  Rute menuju Kampung Toga ini tidak sulit, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum.

Kampung Toga sendiri adalah salah satu kampung wisata yang menggabungkan pemandangan alam dengan rekreasi wisata agro, tepatnya apotik hidup. Disini Anda akan mempelajari berbagai macam tanaman obat keluarga.

Paralayang Sumedang Batu Dua

Selain wisata Agro, di kawasan ini juga terdapat wisata yang cukup menantang adrenalin, yaitu wisata paralayang. Disini Anda tidak akan terbang sendiri, melainkan melakukan terbang tandem, atau terbang berboncengan.  Lelah bermain paralayang Anda dapat menginap di salah satu penginapan yang ada di lokasi tersebut.

Bermain paralayang di bukit Toga

Bukit Toga sendiri sering digunakan untuk berlatih, bermain atau bahkan terkadang digunakan untuk event olahraga paralayang. Untuk menikmati olahraga atau wisata paralayang ini, Anda harus mendaki ke bukit Toga, lokasinya tidak terlalu jauh, dan jalurnya juga tidak terlalu terjal. Sampai di atas bukit, Anda akan menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar lokasi kampung Toga.

Bagi Anda yang menyukai wisata paralayang, hanya menikmati indahnya pemandangan alam dari atas bukit, tentu saja tidak cukup. Menikmati indahnya alam di kampung Toga dari atas langit, pastinya seru. Untuk itu Anda dapat memilih salah satu paket wisata paralayang yang ada di kawasan tersebut.

Wisata Paralayang Sumedang di Bukit Toga

Kegiatan paralayang ini akan dilakukan dengan teknik tandem, atau berboncengan. Dimana Anda sebagai penumpang akan duduk di depan, sedangkan pemandu rangkap pilot akan duduk di belakang.  Setelah menggunakan perlengkapan paralayang, maka kegiatan pun akan dimulai. Pertama-tama, Anda akan berlari untuk melakukan lepas landari dari atas bukit. Teknik berlari atau berjalan untuk melakukan lepas landas ini sebelumnya sudah diberi tahu oleh pelatih, sebelum melakukan kegiatan paralayang. Karena paralayang ini dilakukan dengan teknik tandem, maka Anda dan pelatih harus kompak, terutama ketika proses lepas landas dan pada saat landing atau mendarat. Proses lepas landas ini tentu saja tergantung cuaca dan angin yang tengah behembus kala itu. Jika angin dalam kondisi normal, maka proses lepas landas akan berjalan baik.

Setelah proses lepas landas selesai, Anda dan pelatih akan bergelantungan di alam bebas menggunakan parasut. Pelatih akan mengemudikan parasut dengan baik, sedangkan Anda dapat mengabadikan berbagai moment menarik selama kegiatan. Sedikit tips untuk Anda ketika akan mengabadikan moment tersebut, sebainya ikat berbagai perlengkapan seperti kamera dan hal lainnya pada tubuh, agar tidak mudah jatuh ke bawah.

Lama proses terbang sendiri tergantung paket yang diambil, Anda dapat memilih waktu sekitar 10 menit, 30 menit, dll. Setelah dirasa cukuup, Anda dan pelatih akan mendarat atau landing di kawasan perumahan Toga. Pastikan posisi kaki selalu siap, agar proses penaratan berjalan dengan baik.

Tidak seperti kawasan lainnya, kegiatan paralayang di Bukit Toga ini dapat digunakan sepanjang musim, asalkan kondisi alam dan kondisi angin sedang baik. Jika dilihat dari tingkat kesulitannya sendiri, melakukan paralayang di Bukit Toga ini, termasuk kategori tingkat 2.

Harga paralayang di bukit Toga

Seperti yang telah dibahas di atas, harga kegiatan paralayang di Bukit Toga sendiri cukup berfariasi, tergantung paket yang Anda ambil. Yang dimaksud dengan paket paralayang di kawasan ini adalah pilihan waktu terbang. Anda dapat mendiskusikan lama waktu terbang tersebut dengan pihak travel.  Sesuaikan waktu terbang tersebut dengan kondisi Anda. Bagi Anda yang baru pertama kali terbang, sebaiknya memilih waktu yang tidak terlalu lama, sebagai bentuk penyesuaikan. Sedangkan tarif yang diberikan cukup beragam, mulai dari Rp 250.000 hingga 400.000.

Paket Wisata Indonesia

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.