Beranda » Artikel » Paralayang Sumedang Batu Dua

Bagi Anda yang menyukai aktifitas menantang adrenalin, seperti olahraga Paralayang, ada baiknya jika mengunjungi Batu dua, Sumedang. Di kawasan ini, Anda akan menikmati kegiatan yang cukup menguji adrenalin sekaligus menikmati indahnya Sumedang dari atas langit. Lokasi Batu Dua ini memang cukup terkenal. Itu sebabnya, ketika musim liburan tiba, atau ketika akhir pekan tiba, lokasi ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi

Lokasi olahraga paralayang kali ini berada di Sumedang, tepatnya di Batu Dua. Batu Dua ini adalah salah satu lereng bukit yang ada di sekitar Gunung Lingga. Sedangkan Gunung Lingga sendiri berada di desa Cimarga, kec, Cisitu, Kab, Sumedang.

Lokasi ini dapat ditempuh dengan mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Namun jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat berhenti di terminal bus, dan menggantinya dengan ojek menuju kawasan bukit paralayang di Batu Dua. Lokasi bukit ini tidak terlalu jauh dari perkotaan, hanya sekitar 4 km.

Pemandangan alam dan paralayang

Tinggi kawasan ini sekitar 930 mdpl, berada di atas ketinggian, membuat Anda leluasa menikmati indahnya kawasan Sumendang dari atas bukit. Dari atas Anda dapat melihat secara leluasa genangan waduk jatigede, dan pemandangan alam kota Sumenang. Kesempatan ini tentu saja sayang jika dilewatkan begitu saja.

Harga Paralayang Sumedang

Batu Dua di Gunung Lingga ini memiliki kondisi geografis yang cukup unik, yaitu kombinasi antara pegunungan dan juga dataran yang luas. Kondisi ini yang membuat Batu dua, pas jika digunakan sebagai lokasi olahraga paralayang. Bahkan dalam beberapa kali kesempatan. Lokasi tersebut, sering digunakan sebagai area lomba Paralayang skala nasional, seperti Pre World Cup 2013, Pra PON 2011, dll. Lokasi Batu Dua ini paling pas jika digunakan sebagai paralayang untuk nomor Cross Country.

Paralayang Sumedang Batu Dua

Hal unik lain yang akan Anda peroleh jika melakukan kegiatan paralayang di Batu Dua Sumedang ini adalah, adanya beberapa titik termal atau uap panas bumi. Adanya uap panas bumi ini sedikit banyak mempengaruhi kegiatan olahraga paralayang Sumedang, sehingga waktu terbang jadi lebih lama. Bahkan hingga mencapai waktu sekitar 45 km, dengan durasi sekitar 3 jam.

Untuk melakukan penerbangan atau start awal, lokasi Bukit Batu Dua dijadikan sebagai lokasi awal. Sedangkan untuk landing atau mendarat, biasanya menggunakan areal persawahan yang ada di sekitar lokasi Batu Dua.

Harga

Bagi Anda yang ingin mencoba olahraga ini namun tidak memiliki parasut, tidak perlu khawatir, Anda dapat melakukan kegiatan paralayang ini, dengan cara menyewa parasut sekaligus dengan instruktur. Paket paralayang ini terdiri atas aneka perlengkapan paralayang, helm, dan juga perlengkapan keselamatan. Untuk melakukan kegiatan ini, Anda akan duduk di posisi depan, sedangkan instruktur akan duduk di posisi belakang. Instruktur tersebut yang akan mengendalikan parasut, baik ke kanan maupun ke kiri. Anda sendiri dapat mengabadikan berbagai moment menarik selama terbang, menggunakan kamera ponsel atau menggunakan handycam. Yang pelru dicatat, ketika melakukan kegiatan tersebut, pastikan kamera ponsel atau handycam yang digunakan, sudah dipasang tali, kemudian diikatkan pada tubuh Anda, agar kamera atau handycam tidak jatuh ke bawah.

Untuk harga paket paralayang sendiri cukup beragam, hal ini tergantung pada berapa lama Anda akan terbang. Semakin lama Anda terbang, maka harga yang akan ditawarkan juga akan semakin besar. Sebaliknya, jika waktu terbang Anda relatif singkat, maka harga yang akan ditawarkan juga tidak akan terlalu mahal. Biasanya tarif sewa aneka perlengkapan paralayang tersebut sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000.

Sedikit tips untuk Anda ketika mengikuti kegiatan paralayang tersebut, yaitu jangan panik, karena hal ini akan mempengaruhi konsentrasi instruktur, dan gunakan pakaian yang nyaman selama mengikuti kegiatan, termasuk halnya sepatu. Sebaiknya gunakan sepatu olahraga atau setidaknya sepatu sandal. Karena kegiatan ini sangat tergantung pada kondisi cuaca, sebaiknya perhatikan dengan baik, kondisi cuaca sebelum melakukan aktifitas paralayang. Jika cuaca mendukung, maka agar paralayang dapat dilakukan dengan baik, jika tidak, maka kemungkinan besar, parasut tidak akan mengembang

Paket Wisata Indonesia

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.